Seni Budaya dan Keterampilan : Tari Modern

1. Balet
Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Teknik balet banyak yang mirip dengan teknik anggar. Karena keduanya mulai berkembang dalam periode yang sama dan keduanya juga membutuhkan teknik keseimbangan dan pergerakan yang mirip

2. Tari Tango
Tari Tango sudah populer di seluruh dunia, Tari Tango merupakan tarian pergaulan yang berasal dari Amerika dan memiliki irama yang didasarkan pada birama 2/4 atau 4/4, sedangkan temponya sedang. Gerak tariannya sangat memikat karena dilakukan dengan langkah-langkah yang menimbulkan kesan dan perasaan mengalir dan melayang.

3. Tari Flamenco
Tari Flamenco termasuk jenis tarian pergaulan yang berasal dari tradisi gipsi Andalusia Spanyol Selatan. Tarian ini biasanya ditarikan sendiri atau tunggal, berpasangan ataupun berkelompok. Pola ritmik dari beberapa hentakan kaki penari, seperti hentakan ujung kaki, tumit atau seluruh telapak. Tarian ini diiringi gitar, tepukan tangan, hentakan kaki dan seruan dari para penonton.

4. Tari Salsa
Tari Salsa termasuk jenis tarian yang ditarikan secara berpasangan. Kata Salsa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, dalam hal ini rasa atau gaya. Salsa ditarikan dengan menggunakan irama delapan ketukan, yaitu dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Umumnya setiap ketukan menggunakan tiga langkah dan satu ketukan dilewati. Ketukan yang dilewatkan tersebut ditandai dengan gerakan tertentu seperti tendangan atau sentakan kaki.

5. Tari Disko
Tari Disko termasuk jenis pergaulan yang ditarikan secara beramai-ramai ( tari kelompok ). Tarian ini berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Kemudian tarian ini berkembang pesat di Jerman dan Prancis pada tahun 1970-an. Irama lagu rohani Negro, rhytm, dan blues sangat meriah sehingga mampu merangsang orang lain untuk menari.

Komentar

Postingan Populer